BUNGA KRISAN MERAPI KALIURANG YOGYA


Bunga krisan adalah bunga pasaran. Bunga yang memiliki jenis penuh warna-warni namun tidak memiliki aroma wangi. Bunga krisan di tanam oleh warga Yogya tepatnya hanya berada di lokasi Jl.Kaliurang kilometer 19, kilometer 21. Awal mendatangi taman bunga tersebut bunga krisan sangat indah di lihat dari jarak jauh ataupun jarak terdekat. Biasanya tanaman bunga krisan di panen setelah melewati batas waktu tiga bulan sekali. Saat saya mendatangi taman bunga krisan awalnya masih di buka pukul 16.00 wib - 17.00 . Petani taman bunga tersebut masih memperbolehkan kita atau para pendatang untuk memasuki kawasan bunga krisan dengan gratis bisa di sebut tanpa di pungut biaya.

Di awali masuk taman bunga hingga di persilahkan untuk mengambil view atau tanaman bunga cantik penuh pesona warna-warni tanpa di pungut bayaran. Saat itu dalam satu jam saya sempat di tanya oleh warga sekitar hingga kami menyempatkan waktu  untuk berbincang terkait lingkungan desa serta pelestarian taman bunga krisan. Taman Bunga Krisan tidak hanya berlokasi di Kaliurang km.19 pada kanan jalan dari bawah, namun kita dapat melanjutkan perjalanan masih dalam kawasan Jl.Kaliurang antara kilometer.20, kawasan bunga yang berada di kilometer 20 tepat berlokasi berhadapan dengan penjual jamu godok traditional, ada dua jumlah taman bunga yang berhadapan dengan penjual jamu godok traditional. Selanjutnya kita yang masih penasaran untuk melihat taman bunga krisan lainnya bisa mblusuk langsung serta masih satu arah dengan taman bunga lain yaitu dengan melanjutkan menuju mushola tepat belakang mushola kita akan melihat secara langsung taman bunga tersebut. Konon petani bunga krisan memiliki cabang. Maka dari itulah kita akan menemui taman bunga krisan yang tidak jauh berbeda.




         
Sebaliknya saat ini taman bunga krisan saat saya dan teman saya  berkunjung untuk yang ke beberapa kalinya ... taman bunga tersebut sudah tidak dapat lagi di datangkan secara gratis. Sehingga siapapun yang akan datang untuk sesi pengambilan background taman tersebut akan di pungut biaya sebesar 5.000 tergantung penjaganya. Adapun penjaga yang mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan memungut biaya 15.000 . Ingat !!! Jangan mau di bodohi yah guys.... ; pengambilan foto itu kalo di kasih harga kayaknya enggak pake bangettt!!, emangnya belii ???, Kalo saya sih Ogah pake bangetzz.






Bukan berarti melarang hloh guys.... anggaplah ini merupakan saran dari pengalaman. Siapapun boleh mengeluarkan sepeser uang namun alangkah baiknya jika uang yang anda miliki dapat di gunakan untuk hal yang bermanfa`at. Misalnya jumlah 15.000 uang tersebut dapat di gunakan untuk membeli bunga untuk anda yang mencintai bunga... baik untuk di tanam kembali, di berikan kepada kawan yang berulang tahun, wisuda  ataupun akan di pasarkan. Karena semua orang memiliki hak masing-masing untuk memanfaatkan bunga tersebut.




Untung pada bulan lalu dulu masih Gratis. Kalo sekarang sich... No Way. Secara ?!! kan hanya sekedar foto pake hp masing-masing ... ,Gadget masing-masing, beli masing-masing.  Sepertinya kalo orang yang bejo atau siapapun yang beruntung masih bisa gratis juga guys.... , asalkan kita sudah ada perjanjian dengan si penjaga taman bunga . Pada intinya adalah kita bisa cari view taman yang sekiranya penjaga bunga bisa di rayu atau di ajak bicara secara baik-baik dan kita sebagai pendatangpun tidak senonoh atau se-enaknya sendiri, sehingga kita bisa mengambil pemandangan indah dengan gratis apabila sudah sesuai perjanjian dalam tanda kutip kita sebagai pengunjungpun tidak merusak tanaman bunga krisan yang sudah di rawat oleh petani taman bunga.






Alternative dapat di lalui sebagai berikut :

1. Rute menuju taman bunga krisan kaliurang dari arah Sleman dapat di lewati melalui jalur alternative dari berbagai arah dalam tanda kutip siapapun yang mengawali pemberangkatan dari arah Sleman - ambil arah Kaliurang - arah kaliurang bisa tembus di kilometer 9, adapula arah kaliurang tembus menuju kilometer 15 tepat dengan lokasi degolan.

2. Rute dari arah Magelang - Turi - tembus pada Kaliurang pasar pakem - menuju kaliurang wisata jamu godok jamu traditional yang masih satu lokasi dengan taman bunga krisan.

3. Rute dari arah kota Yogya - ambil jalan kawasan kampus UGM - Kentungan/JakaL  ring road Kaliurang km.5 - UII - Lurus menuju Taman bunga krisan kilometer 19 atau bisa pilih kawasan taman bunga di lokasi wisata jamu godok traditional kaliurang.

4. Rute dari arah kalasan prambanan - ambil jalan bogem - ambil arah Magelang yang akan menembus Jalan kaliurang. 
            
5. Rute dari arah UIN - Gejayan - Terminal condong catur/Congcat - lanjut menuju kilometer 10 Gentan kaliurang  - dari pertigaan gentan belok kanan - UII km.14,5 - lanjut menuju kaliurang wisata jamu godok traditional .

6. Rute dari arah UPN - ambil ring road menuju jalan S2 Ekonomi UII - Congcat - ambil arah kaliurang KM.9 - Sesampai di kaliurang lanjut saja hingga menuju wisata jamu godok traditional .

Before and after thank`s for visiting this blog . Have a nice weekend all ^_^ . 

2 comments: