CANDI PLAOSAN KALASAN YOGYA

​*** CANDI PLAOSAN KALASAN YOGYA ***

Candi Plaosan merupakan sebuah candi kembar yang terletak di lokasi Kalasan Prambanan, tepatnya candi plaosan berada di sebelah belakang candi prambanan. Candi plaosan memiliki ciri khas dengan sebutan candi kembar yang di sebabkan candi plaosan terbagi menjadi dua arah. Candi plaosan terbagi menjadi dua antara utara dan selatan yang di pisahkan oleh  sebuah jalan namun candi kembar tersebut masih pada posisi jarak yang berdekatan. Tidaklah asing bagi kita yang mendengar nama-nama candi karena candi hanya merupakan sebuah bangunan batu yang di ukir sebagus mungkin oleh agama hindu-buda yang mendirikan candi tersebut sebagai tempat wilayah kerajaan serta para  keturunanya. Ukiran serta bentuk candi memiliki jenis ukiran khas yang berbeda.

Memasuki kawasan candi kalasan misalnya candi plaosan ini bisa masuk gratis apabila pendatang berangkat dengan gasik dalam tanda kutip pengunjung candi tidak akan di pungut biaya karena pada jam pagi pukul 06.00 itu merupakan sebuah trik untuk memasuki candi gratis, khususnya untuk para jiwa petualang yang dalam waktu tertentu tidak memegang uang sepeserpun bisa masuk candi kalasan dengan cara trik gratis. Candi kalasan terbagi menjadi beberapa bagian seperti : Candi Prambanan, Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul, Candi Sari. Candi Plaosan berada di posisi lahan yang sangat luas untuk mendatangi candi-candi alangkah baiknya jika waktu pemberangkatan di awali dengan cuaca pagi-pagi atau sore sehingga kita tidak terkena oleh sengat sinar matahari . View sebuah candi akan lebih bagus untuk pengambilan gambar jika suasana mendukung, maka dari itulah saya berusaha untuk berangkat pagi terkadang saat saya menemani seorang teman sayapun berusaha untuk berangkat sore; anggap saja ngabuburit hehehe.








Loket karcis pembayaran saat ini tidak hanya memberikan buku data untuk para pengunjung dengan tujuan para pengunjung di minta melakukan tanda tangan terlebih dahulu sekaligus membayar karcis masuk candi sebesar Rp.3000 per-orang. Jumlah candi plosan yang berukuran kecil lebih dari 100 candi sedangkan candi yang berukuran besar hanya satu dan terletak di bagian tengah . Era tahun 2015 ini candi di lestarikan sebagai bangunan sejarah di zaman hindu-buda. Candi plaosan Lor dan candi plaosan kidul walau di sebut dengan candi kembar namun keduanya memiliki sedikit ciri yang berbeda.

1. Rute dari arah klaten menuju candi plaosan sangat mudah : Klaten - Fokus pada Jalan Kalasan Prambanan - masuk jalan candi Prambanan - Melewati candi prambanan lurus - pertigaan belok kanan - lurus terus hingga mentok perempatan - perempatan lurus - sampailah pada candi kembar atau candi plaosan.

2. Rute dari arah kaliurang ambil jalan Kilometer 13 melewati Pom - ambil arah prambanan - tembus Jalan Bogem - Candi prambanan - Candi plaosan .

Ilmu pengetahuan bisa di dapat dengan cara mendatangi lokasi wisata sejarah secara langsung guys. Disitu kita akan menemui berbagai hal secara langsung. Terkait sejarah bisa di dapat pula dengan membaca wacana yang sudah di sediakan pada mading atau majalah dinding di lokasi wisata tersebut. Selain itu kita dapat menikmati suasana kesejukan angin berhembus setiap saat untuk refresh jasmani.

Bagi petualang yang berkeinginan untuk datang ke wisata tersebut agar tidak kecewa, disini saya tidak lupa untuk memberi kabar bahwa candi-candi kalasan baik yang besar ataupun bagi yang kecil sebelumnya sudah pernah terkena gempa pada lima tahun yang lalu. Jadi wajar saja kalau para wisatawan di pungut biaya sebesar tiga ribu karena uang tersebut akan di gunakan sebagai upah untuk para kuli candi yang saat ini masih berusaha untuk mendirikan candi-candi kecil yang saat masih belum tuntas dalam proses perbaikan.






I just wanna say `enjoy the trip at that moment` .

No comments:

Post a Comment