KUMPULAN PANTAI GUNUNG KIDUL


Salam damai dari kedamaian musim ke musim. Dari musim pengujan hingga musim panas untuk berpetualang apapun akan di hadapi hihi. Seperti apa yang telah kita ketahui bahwasannya gunung kidul sangat sangat mempesona semakin banyak para penjelajah semakin banyak pula nuansa pantai-pantai eksotik gunung kidul. Pantai gunung kidul tiada habisnya apabila di datangi oleh penjelajah sebanyak apapun ia akan selalu  bermunculan. Setiap pantai memiliki ciri-ciri unik yang berbeda. Perbedaan pantai-pantai gunung kidul menjadi suatu keunikan tersendiri yang mana dapat menarik para wisatawan. Wisatawan datang dari berbagai penjuru kota, yang bertujuan untuk menikmati indahnya batu karang, kejar-kejaran ombak tepi pantai, hembusan angin, birunya warna laut dalam dan lain sebagainya semua dapt di nikmati secara langsung pada tiap pantai yang anda inginkan.

Saat itu saya dan teman berniat untuk pergi ke pantai drini. Menuju pantai drini kami mengambil jalan tepus yang tiada habisnya melewati hijau hutan nan permai. Bagaimanapun kami siap untuk melakukan perjalanan panjang selama 3 jam, wajar saja karena saat kami melakukan perjalanan dengan sangat menikmati panjangnya jalan raya yang berada hutan untuk menuju pantai itu. Sesampainya hampir mendekati pantai hingga nggak bisa kebayang banget guys.... sebab sampai sekarangpun masih terngiang bahwa kami baru ingat hari itu adalah tepat hari sabtu tanggal merah libur nasional sehingga sangat banyak sekali pendatang dari berbagai penjuru kota, dari tiap anak sekolah yang pergi tur, sampai dari berbagai kalangan keluarga, semua kendaraan yang beroda empat macet total. Permasalahan yang membuat jalan raya yang terlihat aspal, halus, yang biasanya berjalan mulus namun sebaliknya di luar dugaan dan tidak dapat kami bayangkan akan macet sepanjang jalan di jalan tepus tersebut. Pemberhentian kendara roda empat di sebabkan macet dari titik problem antara bus dan bus sesama berukuran besar berpapasan di tikungan yang sempit, disitulah merepotkan banyak pengunjung.









Oh My God....... . Upzz.... untuk kami yang sangat beruntung sekali yang membawa roda dua, karena roda dua termasuk kendaraan yang paling ringan untuk di bawa, bisa untuk menyelip apalagi mblusuk hahay. Saling berbagi itu indah guys. Kami akan berbagi pengalaman yang berawal macet total namun sebaliknya sebagai pengendara roda dua kami mencoba-coba langsung mblusuk memasuki pedesaan dan ternyata dari desa ke desa dapat menembus jalan perkebunan, disitu kami menemui para petani dapat bertanya langsung apakah jalan tikus yang kami lalui benar atau tidak, dan ternyata benar kami sungguh riang sebab jalan alternative yang kami lalui sangat sepi sekali. Pantai sudah di depan mata, yang tidak di sangka sebelum sampai di pantai drini waktu itu kami melihat pantai Indrayanti, pantai Krakal, pantai Slili, Pantai sadranan, Pantai Sepanjang. Saya dan teman berfikir jika jauh-jauh hari kami datang pada satu tempat sepertinya akan sangat sia-sia sekali.Pada akhirnya saya dan teman menyempatkan waktu sejenak untuk mampir terlebih dahulu di beberapa pantai yang sudah di depan mata. Beberapa pantai tersebut jarak langkahnya sangat dekat, karena berdekatan saya dan teman menuju pantai-pantai kecil yang bertetangga dengan pantai krakal memilih untuk berjalan kaki. Usai mengarungi pantai-pantai tersebut saya dan teman segera bergegas menuju pantai drini.










Ke-eksotikan pantai gunung kidul alhamdulillaah saya dan teman dapat mengarungi beberapa pantai. Perlu di ingat tiba di gapura sebelum menuju pantai tiap motor akan di tarik untuk membayar karcis masuk sebesar Rp.10.000, jangan sampai tertipu yah guys... per-motor harga mentok 10.000. Selanjutnya beberapa pantai yang telah kita arungi ialah seperti berikut :

1. Pantai Baron berbeda arah dengan pantai lainnya dan pantai baron memiliki ciri pasir coklat. Kecoklatan pasir tersebut karena kotor di sebabkan pantai baron lebih condong di manfaatkan untuk para nelayan sebagai mata pencaharian untuk mencari ikan. Disana banyak perahu-perahu nelayan yang selalu di gunakan untuk berlayar.

2. Pantai sadranan tidak terlalu elok karena posisi pantai sadranan terlalu sempit posisi menyempil yang bersebelahan dengan pantai Slili. Saat ini pantai sadranan sudah longsor. Tebing yang longsor pada pantai sadranan menyebabkan banyak korban. Saran kami alangkah baiknya untuk menghilangkan rasa penasaran pantai sadranan agar lebih waspada. Sebab pantai sadranan sudah longsor. Mencegah lebih baik dari pada mengobati ea guys.

3. Pantai Slili adalah pantai kecil. Plang nama pantai slili tidak dapat di liat secara langsung karena tertutup oleh bagian ranting pohon. Maklum saja karena pantai Slili pantai kecil yang bersebelahan dengan pantai krakal.

4. Pantai krakal sebutan pantai yang memiliki ciri sekumpulan karang-karang di tepi pantai. Jalan pasir lebih ke warna coklat di sertakan dengan bebatuan kerikil.

5. Pantai sepanjang yaitu nama pantai yang terletak setelah pantai krakal. Pantai sepanjang karena bentuk dari pantai yang panjang. Panta sepanjang di kenal dengan sekumpulan penyu atau sarang dari kura-kura. Tidak terlalu indah memang jika di lihat dari kasap mata karena sangat banyak sekali lumut-lumut yang berdekatan dengan tempat parkir sehingga aroma amis dapat terhirup oleh panca indra hidung.

6.Pantai Drini merupakan sebutan pantai yang berasal-usul dari tumbuhan pohon drinu yang tumbuh di atas batu pantai. Konon zaman dahulu pohon drini dapat berfungsi untuk menyembuhkan luka dari racun ular yang berbisa. Dari tumbuhan drini yang berada di atas batu besar tepat batu tersebut memisahkan posisi pantai kanan dan posisi pantai kiri sehingga pantai tersebut di beri nama dengan pantai drini. Air pantai drini yang berposisi di sebelah kanan debaran ombak besar akan terdengar keras sedangkan air pantai drini yang berposisi sebelah kiri tepat berdekatan dengan gazebo atau tempat peristirahan ...air pantai tersebut sangat jernih, tenang, damai, dalam kediaman yang tentram.

7. Pantai Wediombo nama yang di ambil dari luasnya pasir pantai, wedi arti bahasa jawa yang di bahasa indonesiakan menjadi pasir, dan ombo di ambil dari bahasa jawa alus yang berarti pasir. Pantai wediombo memiliki lahan pasir yang sangat luas disertai dengan bebatuan besar. Pantai wrediombo ini sangat cocok untuk anda yang bercamping. Pemuda yang melakukan camping bisa melakukan sholat di atas luasnya batu pantai wediombo. Suasana malam mulai terasa dingin tetap waspada dengan terjangan ombak pantai karena semakin malam ombak semakin besar. Suasana pagi hari akan melihat sekumpulan ikan-ikan tongkol yang sudah tergeletak di tepi pantai pasir.

8. Pantai Watu lumbung satu jalan dengan pantai wediombo. Sebelum sampai pada pantai wediombo disitu kita akan melewati pantai watu lumbung. Ketika bensin hampir habis saya sera kawan-kawan berhenti di warung penjual bensin. Alhamdulillaah bensinyapun terlihat bersih seperti baru persediaan yang tidak beda dari pom, ini merupakan kesempatan kami yang berhenti beli bensin tepat kanan jalan ada pantai watu lumbung. Saya dan kawan menyempatkan sejenak untuk melihat pemandangan watulumbung tersebut. Sebuah pantai yang berciri khas dari gumukan satu batu unik. Watulumbung konon di manfaatkan oleh masyarakat desa untuk menumbuk padi. Tapi sekarang hanya sekedar pantai dan batu itu saja. Batunya masih ada sampai sekarang. Batu dalam bahasa jawa adalah watu. Demikian menjadi sebutan pantai watulumbung.

9. Pantai Siung memiliki ciri tebing yang menjulang tinggi namun tebing tersebut dapat di capai oleh para wisatawan. Pengunjung pantai siung bisa berpose dari bagian atas tebing akan terlihat eksotik.

10. Pantai Sundak saat itu saya dan kawan-kawan alumni mendatangi pantai tersebut. Tidak perlu pusing untuk menyewa tempat istirahat segala macem kita tinggal duduk di bawah batu karang hampir mirip dengan goa disitu bisa sambil beristirahat sejenak dengan memakan cemilan yang sudah kita bawa. Sundak konon singkatan dari nama binatang asu dan landak di satukan nama tersebut menjadi sundak. Pantai Sundak ini memiliki khas jembatan yang di bangun dari semen. Pendatang dapat menaiki jembatan menuju gubuk kecil, sehingga dapat mengambil view pantai dari posisi atas jembatan hingga ke bawah.








Semoga bermanfaat untuk saodara semua. Bagi para penjelajah sejati tetap berhati-hati dalam berpetualang. Kondisi di musim penghujan atau musim panas tetap berada di pengawasan rombongan masing-masing. Jika sekiranya kondisi tidak dapat di raih terkait melihat mental fisik yang tidak memungkinkan untuk menuju tempat tujuan alangkah baiknya tidak perlu untuk terlalu di paksakan.

Enjoy the day at the beach of Gunung Kidul Handayani.

No comments:

Post a Comment