PESONA CANDI PRAMBANAN YOGYA

Halloo sahabat..... apa kabar semua .... semoga di hari yang cerah masih tetap dalam keadaan sehat. Hari-demi hari kita lalui seiring berputarnya roda waktu kehidupan tak terasa kita dapat di pertemukan kembali pada medsos hehehe. Cerita bareng yuks, edisi saat ini terkait dengan candi prambanan yang berlokasi di jalan kalasan. Berkali-kali khususnya untuk para masyarakat yang bertempat tinggal di jalan kalasan prambanan sepertinya sudah sering sekali melihat candi prambanan dari tepi jalan, mungkin tidak hanya di tepi jalan saja setidaknya masyarakat memang sudah kenal betul apa itu candi prambanan. Beberpa kali candi prambanan sempat mengalami roboh berkali-kali, namun dengan kegigihan masyarakat yang selalu bekerja bakti bersama untuk mendirikan candi prambanan agar selalu terlihat elok sehingga sampai di tahun 2012 sampai 2015 ini candi prambanan masih banyak di kunjungi oleh wisatawan. 




Memasuki are candi prambanan di hari-hari biasa kita akan di kenakan pembayaran sebesar rp.30.000 sedangkan memasuki area prambanan di hari sabtu dan minggu akan di kenakan ebesar rp.35.000


 Selamat datang di candi prambanan. Dahulu sejak empat tahun lamanya saya punya pengalaman PKL atau praktek kerja lapangan selama dua minggu, dua minggu saat saya sekolah dulu di wajibkan mencari para touris sebagai tugas sekolah, empat tahun lamanya saat saya dan kawan-kawan sekolah memasuki candi ini masih di perbolehkan tanpa mengenakan kain, sebaliknya saat saya lulus mencoba untuk berkunjung kembali pada candi prambanan ini namun ternyata di tahun 2012 saat itu sudah mulai di wajibkan mengenakan kain batik dengan warna hitam putih bergambar candi prambanan .






Semua wisatawan yang mengunjungi candi ini yang di lihat dari jarak jauh tetap mengenakan kain putih batik.


Di lihat dari jarak jauh candi prambanan terlihat masih seperti bangunan murni, sebaliknya apabila di lihat dengan jarak dekat bangunan ini sebenarnya sudah terlihat jelas penuh dengan tambalan-tambalan semen , semen tersebut berfungsi untuk mengokohkan candi itu kembali , selain itu dengan retakan-retakan candi yang terlihat sangat jelas tetap di beri semen, tujuannya agar pengunjung bisa mendekati candi tanpa rasa ragu, sebab candi sudah di bangun kembali dengan semen.



Selain di wajibkan menggunakan kain putih batik, kita yang ingin berpose pada candi prambanan ini juga di wajibkan untuk mengenakan helm guys... , agar kita terhindar dari marabahaya karena kita sudah menggunakan alat pelindung.







untuk kamu dan kamu yang masih bingun dengan rute candi ini saya sebagai sahabat kalian tidak lupa akan berbagi rute yah guys.

1.Rute menuju candi prambanan dari arah Monjali yaitu : Monjali - ambil ring road Kentungan/Jakal lurus menuju jalan solo - peremparan ring road jalan solo ambil kiri untuk menuju jalan kalasan prambanan.

2. Rute menuju candi prambanan dari arah Magelang - ambil alternatif Jalan Kaliurang - ambil alternatif terminal condong catur - dari ring road condong catur ambil kiri menuju jalan solo - eremparan ring road jalan solo ambil kiri untuk menuju jalan kalasan prambanan.

3. Rute menuju candi prambanan dari arah UIN SUKA : UIN ambil kanan - lurus saja sampai menuju jalan kalasan ada Gapura prambanan di situ sudah mendekati candi prambanan.

4. Rute menuju candi prambanan dari arah Kaliurang - ambil alternatif prambanan dari jalan kilometer 13 sampai melewati jalan jembatan - tembus pada puskesmas - Puskesmas ambil kanan masih lurus akan tembus di pertigaan lampu merah lalu dari pertigaan belok kanan ambil jalan utama - kanan jalan candi prambanan sudah dapat terlihat dari tepi jalan langsung saja ikuti rambu-rambu lalu lintas setelah itu ambil kanan.

5. ute menuju candi prambanan dari arah Klaten langsung ambil jalan arah Yogya sampai pada Jalan Kalasan Prambanan. 






















 Candi prambanan menyediakan museum. Di dalam museum terdapat ratusan batu dari bongkahan candi yang museumkan. Kita dapat memasuki museum candi sambil melihat-lihat apa saja di dalamnya. Museum ini ada alat gamelan yang biasa di gunakan pada hari-hari tertentu. 








6. Rute menuju candi prambanan dari arah Kebumen : Kebumen - Purworejo - Kulon progo - Wates - Yogya - ambil jalan solo menuju arah Kalasan Prambanan. 


Burung cendrawasih - burung kalasan saya ucap terimakasih dan cukup sekian... , terimakasih atas kunjungan anda pada blog intannurpermadisari.blogspot.com semoga bermanfaat dan jangan lewatkan edisi Rute travel berikutnya. Makaciiii yaach...... 


No comments:

Post a Comment