CANDI PRAMBANAN YOGYAKARTA

Haai kawan ....  rencana jalan-jalan kemana niih.... berbagi cerita yuxs.., edisi kali ini membahas tentang komplek candi kalasan yah guys. Wah candi kalasankan banyak binggoo...hoho, hehe... yang di maksud dalam candi kalasan disini adalah Candi Roro Jonggrang yang terletak di daerah kalasan, yang banyak di kenal oleh orang dengan sebutan Candi Prambanan. Situs sejarah candi prambanan mungkin sobat sudah tidak asing lagi ya... , karena stasiun TV sering mengadakan acara di candi roro jonggrang ( Candi Prambanan ). Menapaki pintu masuk menuju prambanan seperti biasa kita akan membeli karcis di loket. Loket massuk candi prambanan untuk hari biasa seperti senin sampai jum'at di hitung 30.000 lalu untuk hari Sabtu daan Minggu (hari liburaan) dengan jumlah 35.000. Sejak dahulu loket candi prambanan saat masih utuh loket di buka hanya untuk wisatawan yang berkunjung di candi roro jonggrang ini, namun saat ini loket candi prambanan tidak hanya di buka untuk wisatawan tetapi juga di buka untuk paket ke candi boko, karena letak candi boko masih sesama di dalam satu lokasi kalasan yang sebelumnya sudah pernah kita bahas yah guys... .

Kisah sejarah tentang roro jograng tidak jauh berbeda yang berhubungan dengan kisah cinta seorang rati dan pangeran. Dari zaman nenek moyang sampai pada era modern ini candi prambanan sudah pernah hancur di sebabkan oleh gempa, selain itu di candi prambanan telah menyediakan museum yang berisi potongan-potongan patung yang sudah tidaak utuh lagi. Candi Prambanan merupakan salah satu candi hindu terbesar di Indonesia. Dengan keadaan candi yang sudah pernah hancur namun masyarakat telah berusaha untuk mendirikan candi itu kembali menjadi seperti semula dan sampai saat ini candi prambanan masih di lestarikan oleh warga Indonesia sebagai tempat wisata. Di dalam candi prambanan terdapat berbagai macam patung, salah satunya patung roro jonggrang yang terletak di tengah candi dengan ukuran terbesar.

Dahulu sebelum candi prambanan terkena gempa, candi tersebut masih masih terlihat keaslian bangunannya, namun sekarang setelah beberapa tahun lamanya candi yang pernah terkena gempa sehingga keaslian bangunan candi telah berkurang, posisi di candi kita akan melihat bekas-bekas retakan yaang di tambal dengan semen. Apapun keadaanya situasi candi prambanan sampai sekarang masih tetap konsisten di buka untuk para wisatawan serta tourism yang datang dari berbaagai kalangan negara. Terkait jenis lima candi prambanan yang masih berdiri sudah di halangi oleh pagar besi, lalu untuk memasuki kawasan candi yang masih berdiri kuat kita harus mengenakan helm yang telah di sediakan oleh petugas candi prambanan tersebut. 

No comments:

Post a Comment